Posted by : Unknown
Senin, 17 Oktober 2016
CONTOH PROPOSAL USAHA MAKANAN
PROPOSAL USAHA
“MARTABAK MANIS”
DISUSUN OLEH :
CAESARA GEACESITA VALENT
XII MIPA 5 / 07
SMA NEGERI 1 GOMBONG
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah
SWT serta shalawat dan salam saya sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita
Nabi Muhammad SAW sehingga karenanya saya dapat menyelesaikan tugas proposal
usaha ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini
adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan guru pada mata pelajaran
prakarya.
Dalam proses penyusunan tugas ini saya menjumpai
hambatan, namun berkat dukungan materiil dari berbagai pihak, akhirnya saya
dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan
ini saya menyampaikan terimakasih dan penghargan setinggi – tingginya kepada
semua pihak yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.
Meskipun begitu tentu tugas ini masih jauh dari
kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua
pihak saya harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan saya semoga
tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.
Caesara
Geacesita V, 2015
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Dengan
perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati – hati dalam
memilih dan membeli makanan, karena pada masa ini banyak makanan yang
mengandung bahan kimia berbahaya. Mayoritas masyarakat menginginkan makanan
yang rasanya enak dan murah, tanpa memperdulikan kandungan yang terdapat dalam
makanan tersebut. Untuk itulah saya menyediakan makanan yang rasanya enak
dengan cukup murah, sederhana, higienis dan aman untuk dikonsumsi karena tidak
mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hal ini tentu juga akan menarik minat
masyarakat untuk membelinya.
Salah satu
makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi cocok menjadi makanan konsumsi
untuk waktu santai, sekaligus cukup istimewa adalah MARTABAK MANIS. Keberadaan Martabak
Manis sebagai salah satu makanan trdisional khas Indonesia memiliki rasa yang
enak, nikmat, mengandung protein dan juga lezat telah dikenal dari masa ke
masa, sehingga usaha ini memang layak dikembangan sebagai usaha alternatif.
Dengan melihat
potensi atau kelebihan diatas, maka saya ingin membuat usaha agar masyarakat
tidak pernah lupa dengan makanan tradisional khas Indonesia.
1.2
MANFAAT USAHA
1.
Manfaat Ekonomi
Usaha Martabak Manis
ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Saya
menawarkan jasa delivery order juga memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan
memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata
lain kualitas produk terjamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat
mmberikan keuntungan.
2.
Manfaat
Sosial
a.
Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan
usaha ini dapat membuka cabang dan berkembang ke berbagai daerah. Usaha
Martabak Manis ini cukup menjanjikan bagi kita, karena masih banyak daerah –
daerah di Indonesia yang belum menikmati enaknya Martabak Manis ini, sehingga
saya dapat memasarkannya ke daerah tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh
pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta
dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih
besar
b.
Bagi Masyarakat
Dengan adanya Martabak Manis ini, dapat
menjadi alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka.
Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi
masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang
maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
1.3
RUMUSAN MASALAH
a) Bagaimana
tips untuk membuka usaha martabak manis yang baik dan benar serta tidak merugi
?
b) Bagaimana
cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini ?
c) Bagaimana
caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis martabak manis ?
1.4
PROFIL ORGANISASI
Nama Usaha : Martabak Manis xyz
Jenis Usaha : Kuliner
Alamat : Jl. Ampera No.18
Karanganyar
Pemilik : Geacesita
1.5
VISI,
MISI, DAN TUJUAN
a.
Visi
Menjadikan Martabak
Manis sebagai makanan tradisonal khas Indonesia yang mampu menembus pasaran
dunia
b. Misi
·
Memberikan
kualitas yang terbaik.
·
Memberikan
pelayanan yang terbaik
·
Membuat martabak
manis yang memiliki aneka rasa
·
Memasarkan
martabak manis di pasar tradisional maupun pasar modern
·
Mendirikan usaha
wisata kuliner makanan khas Indonesia
c. Tujuan Usaha
·
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
·
Menambah
pengalaman kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
·
Menambah
pengalaman ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha
·
Mewujudkan
kemampuan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan
masyarakat.
·
Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan masyarakat
yang mampu di andalkan
1.6
PRODUK
Produk yang saya tawarkan dalam usaha ini kepada
konsumen memiliki berbagai macam rasa yang dimiliki, seperti :
a) Coklat
b) Kacang
c) Keju
d) Strowberry
e) Nanas
f) Blueberry
g) Srikaya
BAB
II
ANALISIS
PELUANG USAHA
2.1
ANALISIS SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai
usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan
terhadap lingkungan dan pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.
Strenght (Kekuatan)
·
Menjual
produk untuk semua kalangan masyarakat
·
1
produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
·
Bahan
produk yang terjamin dan higienis
2. Weakness (Kelemahan)
·
Tidak
tahan lama
·
Produknya
mudah ditiru
3. Opportunity (Peluang)
·
Tempat
Strategis
·
Fasilitas
yang cukup memadai
4.
Threath
(Ancaman)
·
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
2.2 RENCANA USAHA
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis
martabak manis yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja
didalam usaha bisnis bagi kalangan umum, selain dapat meningkatkan kreativitas,
juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang saya rintis ini pastinya akan
saya kembangkan demi mewujudkan impian saya bersama, yaitu ingin menjadi
seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci
awal untuk keberlanjutan usaha saya kedepannya.
3.
Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan,
saya akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha saya ini.
2.3 ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN
1. Target Pasar
Usaha ini berlokasi di
tempat-tempat yang strategis yaitu Alun-alun sebagai tempat keramaian lainnya.
Lokasi tersebut yang banyak di lewati oleh masyarakat sehingga usaha saya ini
mudah untuk dikenal oleh masyarakat.
2. Pesaing
Terdapat banyak pesaing
dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita
menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita
merasa tidak senang dengan tindakan kita.
3. Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha
ini sasaran pembeli saya yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik
kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Harga yang saya berikan
yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.
2.4 STRATEGI PEMASARAN
1. Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan
promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk
melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau
keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua
masyarakat akan mengetahui usaha kita.
2.
Brosur
Promosi ini
menggunakan selebaran brosur yang dibagikan dan ditempel pada pohon – pohon
dijalan
2.5 LANGKAH-LANGKAH PROMOSI
·
Pada malam
minggu saya akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli roti
dengan harga diatas Rp10.000, maka akan saya berikan diskon sebesar 10%.
·
Apabila konsumen
membeli martabak manis diatas 4 bungkus, maka saya akan menetapkan semua harga
yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp10.000,-
·
Setiap pembelian
1 martabak manis di berikan 1 kupon, jika konsumen sudah mendapat 10 kupon
dapat ditukarkan dengan 1 porsi martabak manis gratis.
BAB III
PRODUK DAN PROSES PEMBUATAN
3.1 PROSES PEMBUATAN
Untuk membuat martabak manis, bahan-bahan yang
diperlukan dan proses produksinya seperti berikut :
Bahan:
* 2 butir telur
* 450 ml air
* 350 gr tepung terigu serbaguna
* 75 gr gula pasir
* 25 gr susu bubuk full cream
* 5 gr garam
* 5 gr baking soda
* 1 gr vanili bubuk
* 50 ml minyak sayur
* Filling: susu kental manis, keju,
mesyes, kacang tanah, wijen *sesuai selera*
Cara membuat:
1. Kocok lepas telur, masukkan air hingga
air berbuih.
2. Campur rata semua bahan kering,masukkan
ke dalam air. Kocok hingga semua bahan larut.
3. Masukkan vanili dan minyak sayur aduk
rata. Diamkan adonan selama 30 menit.
4. Tuang ke dalam cetakan martabak manis yg
sudah dipanaskan, tutup sampai
permukaan berpori-pori. Tabur dengan sedikit
gula pasir pada permukaan. Tutup kembali hingga matang
5. Angkat dan oles dengan butter, tabur
dengan bahan filling
6. Lipat oles atasnya dengan butter,
potong2.
3.2 PERHITUNGAN MODAL DAN HARGA JUAL
a. Jangka Panjang
No.
|
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
1.
|
Gerobak
|
1
|
Rp
3.500.000,-
|
2.
|
Kompor
|
1
|
Rp
250.000,-
|
3.
|
Tabung
gas
|
3 kg
|
Rp
170.000,-
|
4.
|
Teflon
Martabak
|
2
|
Rp
200.000,-
|
5.
|
Alat
pemotong
|
2
|
Rp
80.000,-
|
6.
|
Top
Les
|
7
|
Rp
100.000,-
|
7.
|
Lap
Tangan
|
3
|
Rp
30.000,-
|
8.
|
Kotak
sampah + Ember
|
2
|
Rp
30.000,-
|
9.
|
Bola
Lampu
|
3
|
Rp
100.000,-
|
10.
|
Kabel
|
1 meter
|
Rp
50.000,-
|
11.
|
Saklar
Lampu
|
1
|
Rp
40.000,-
|
12.
|
Banner
|
2 meter
|
Rp
100.000,-
|
13.
|
Brosur
|
200 lembar @Rp1000
|
Rp
200.000,-
|
b.
Jangka Pendek
No
|
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
|
1.
|
Terigu
|
2
kg
|
Rp
14.000,-
|
2.
|
Telur
|
2
kg
|
Rp
14.000,-
|
3.
|
Gula
Pasir
|
1
kg
|
Rp
10.000,-
|
4.
|
Garam
|
1
bungkus
|
Rp
2000,-
|
5.
|
Soda
Kue
|
1
bungkus
|
Rp
3000,-
|
6.
|
Blue
Band
|
1
bungkus
|
Rp
5000,-
|
7.
|
Pewarna
Kuning
|
1
bungkus
|
Rp
3000,-
|
8.
|
Fermipan
|
1
bungkus
|
Rp
3000,-
|
9.
|
Kacang
Tanah
|
½
kg
|
Rp
5000,-
|
10.
|
Keju
|
1
bungkus
|
Rp
16.000,-
|
11.
|
Meises
|
1
kg
|
Rp
5000,-
|
12.
|
Susu
Kental Manis
|
1
kaleng
|
Rp
7000,-
|
13.
|
Wijen
|
1
kg
|
Rp
5.000,-
|
14.
|
Varian
Rasa (7)
|
1
kg @Rp 10. 000,-
|
Rp
70.000,-
|
15.
|
Kardus
|
40
@Rp 2000,-
|
Rp
80.000,-
|
16.
|
Plastic
|
2
pack @Rp 25.000,-
|
Rp
50.000,-
|
Harga Jual = Rp
10.000,- x 40 porsi = 400.000
Harga Beli bahan
baku Rp 3000,-
Beli bahan
tambahan Rp 1000,-
--------------+
Rp
4000,-
Rp
4000 X 40 porsi = Rp 160.0000
3.3 ANALISIS LABA RUGI
Pendapatan
Penjualan Rp 400.000,-
Harga Pokok
Penjualan Rp 160.000,-
----------------
-
Laba Kotor Rp 260.000,-
Biaya Penjualan :
Biaya
transportasi
RP 30.000,-
Biaya sewa
tempat
Rp 25.000,-
Biaya listrik
dan air
Rp 10.000,-
Biaya
lainnya
Rp 10.000,-
--------------- +
Rp 95.000,-
Laba Bersih = (Rp
260.000,-) – (Rp 160.000) = Rp 100.000,-
Perhitungan margin keuntungan = Rp 100.000
---------------- x 100% = 25%
Rp
400.000
3.4 ANALISIS KEUNTUNGAN :
Pendapatan per bulan :
Omzet Rp. 400.000 x 30 hari = Rp. 12.000.000,-
Laba kotor per bulan 260.000 x 30 = Rp.
7.800.000,-
Keuntungan bersih per bulan = (Rp.260.000.000 – Rp.
95.000) x 30 = Rp 4.950.000,-
BAB V
PENUTUP
5.1 KESIMPULAN
Kesimpulan bahwa
agar produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam
negeri maupun luar negeri maka kita harus :
·
Membuat produk
yang bermanfaat, berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing.
·
Membuat desain
yang baru dan harga terjangkau;
·
Membuat produk
lebih cepat dan lebih murah;
·
Memilih dan
menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.
5.2 PENUTUP
Demikianlah proposal bisnis ini saya buat. Semoga
proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa saya
mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya saya
dapat menyelesaikan proposal bisnis saya. Dan tidak lupa pula saya ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan
proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak
karena proposal ini merupakan tahap awal saya dalam memulai usaha martabak
manis ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, saya berharap dapat segera
mewujudkan usaha bisnis yang telah saya rencanakan ini.
Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah saya
harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahwa proposal saya masih jauh
dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan
atau pelajaran bagi saya semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok.
Atas segala waktu dan perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
sumber: http://tugastugascgv.blogspot.co.id/2015/08/contoh-proposal-usaha-makanan.html
sumber: http://tugastugascgv.blogspot.co.id/2015/08/contoh-proposal-usaha-makanan.html